web 2.0

Sabtu, 30 Januari 2010

Menilai Orang lain

Syafriwan | Seseorang cenderung memberikan penilaian (judge) terhadap orang lain berdasarkan kriteria, norma, nilai dan standard yang ia miliki, bukan berdasarkan kriteria norma, nilai dan standard yang dimiliki orang yang ia nilai. Lebih jauh lagi, judge, claim dan bahkan vonis yang diberikan sering kali tanpa didahului analisa dan pemahaman tentang apa yang dijudge. Kadang kita berpikir, kenapa kita suka menilai orang lain ? membuat stereotype, berprasangka, prejudice, berasumsi, mempersepsi perilaku orang lain..
"....kita ini makhluk yang butuh kepastian..."
Kepastian membuat kita tenang dalam menghadapi hidup. Kita butuh memperkirakan masa depan, dan gelisah terhadap ketidakpastian. Karenanya, manusia cenderung cepat mengambil kesimpulan, seberapapun sedikitnya informasi yang dimiliki.
Kita juga belajar dari pengalaman. Kita melakukan deduksi terhadap satu atau lebih peristiwa, melihat pola-pola kesamaan, dan dengannya memperkirakan apa yang akan terjadi kemudian.
Sayangnya, dunia manusia tidak bisa direduksi menjadi hubungan sebab-akibat. Yang ada adalah pola hubungan nonlinear. Tiap hubungan menimbulkan satu bentuk baru yang muncul secara sontak…whatever....~~

Intinya, banyak sekali informasi yang harus kita cari, pola-pola hubungan yang terkesan acak yang perlu kita dalami lagi, sebelum kita berangkat pada kesimpulan "....especially when it concerns our perception to others...." Susah kan ?

Ada lagi cara yang lebih gampang "Let it be..." Tidak perlu menilai, tidak perlu meramalkan, cukup percaya dan menerima..

Kita cukup percaya kalau semua orang adalah individu yang berbeda, unik, –and yet, sama. Kita tidak perlu menyimpulkan bahwa dia tidak bisa dipercaya hanya karena dia satu-dua kali mengingkari janji. Dan kita tidak bisa membencinya hanya karena dia telah dilabeli ’pembohong’, misalnya. Setiap manusia sama, belajar, dan melakukan kesalahan.

Sedikit menenangkan saat dapat melihat orang lain tanpa pretensi apapun. Susah memang, tapi menenangkan..:)

TQ readers....